Jumat, 21 Desember 2012

10 Gejala Diabetes

Jika anda makmur dan sering makan enak atau mempunyai tubuh kegemukan maka anda harus mengenali gejala diabetes sebelum terlambat. Gejala diabetes mellitus tipe 1 dan tipe 2 tidak banyak berbeda. Hanya gejalanya lebih ringan dan prosesnya lambat, bahkan kebanyakan orang tidak merasakan adanya gejala. Akibatnya penderita baru mengetahui menderita diabetes mellitus setelah timbul komplikasi, seperti penglihatan menjadi kabur atau bahkan mendadak buta, timbul penyakit jantung, penyakit ginjal, gangguan kulit dan saraf atau bahkan terjadi pembusukan pada kaki (gangren)




Berikut adalah gejala diabetes yang umumnya dirasakan oleh penderita diabetes mellitus :
1. Sering buang kecil
Tingginya kada gula dalam darah yang dikeluarkan lewat ginjal selalu diiringi oleh air atau cairan tubuh , maka buang air kecil menjadi lebih banyak. Bahkan tidur di malam hari kerap terganggu karena harus bolak balik ke kamar kecil. Biasanya tiap 2 – 3 jam anda buang air kecil.
2. Haus dan banyak minum
Banyaknya urin yang keluar menyebabkan cairan tubuh berkurang sehingga kebutuhan akan air (minum) meningkat.
3. Fatigue (mudah lelah/letih/capek)
Rasa lelah muncul karena energi menurun akibat berkurangnnya glukosa dalam jaringan sel/sel.  Kadar gula dalam darah darah yang tinggi tidak bisa optimal masuk dalam sel disebabkan oleh menurunnya fungsi insulin sehingga orang tersebut kekurangan energi.
4. Rasa lelah, pusing, keringat dingin, tidak bisa konsentrasi
Hal ini disebabkan oleh menurunnya kadar gula. Setelah seseorang mengkonsumsi gula, reaksi pangkreas meningkat (produksi insuslin meningkat), menimbulkan hipoglikemik (kadar gula rendah).
5. Berat badan meningkat
Berbeda dengan penderita diabetes tipe 1 yang kebanyakan mengalami penurunan berat badan. Penderita diabetes  tipe 2, sering kali mengalami peningkatan berat badan. Hal ini disebabkan terganggunya metabolisme karbohidrat karena hormon lainnya juga terganggu.
6. Gatal-gatal
Gatal-gatal disebabkan oleh mengeringnya kulit (gangguan pada regulasi cairan tubuh) yang membuat kulit mudah luka dan gatal bahkan iritasi kulit.
7. Gangguan imunitas
Meningkatnya kadar gula dalam darah menyebabkan pasien diabetes sangat sensitif terhadap penyakit infeksi. Hal ini disebabkan oleh menurunnya fungsi sel-sel darah putih. Infeksi yang seing muncul pada pasien diabetes adalah infeksi kandung kemih, infeksi kulit (acne), infeksi jamur (candiasis) dan infeksi saluran pernapasan.
8. Gangguan mata (penglihatan kabur)
Penglihatan berkurang disebabkan oleh perubahan cairan dalam lensa mata. Pandangan akana tampak berbayang disebabkan adanya kelumpuhan pada otot mata.
9. Polyneuropathy  (Sering kesemutan)
Gangguan sensorik pada saraf periferal (kesemutan/baal) di kaki dan tangan. Sehingga orang akan ssering kesemutan, terutama waktu bangun pagi.
10. Sering mengantuk (suka tidur).
Jika anda  mengalami salah satu dari gejala diabetes diatas, maka segeralah periksa gula darahpuasa (10 jam puasa) anda ke klinik pengobatan terdekat.
Semoga bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar